Rabu, 04 Januari 2012

Makanan Khas Korea

Siti Mamnuah (berbaju hitam) terlihat sedang sibuk bersama tim memasaknya untuk mempersiapkan makanan untuk dijual diacara “Han-guk Aein Community’s 1st Anniversary” 18 Desember 2011. (Lilin)

       Begitu banyak makanan Khas Korea yang ingin dicicipi oleh seorang pecinta Korea. Kimchi, Bulgogi, Kimbap, Bibimbap, Tteokbokki, Ramyeon, dan Jajangmyeon adalah beberapa makanan yang paling dicari untuk dicicipi para pecinta Korea. Kebanyakan para pecinta Korea tersebut mencari makanan Korea di restoran-restoran Korea yang tentu saja harganya mahal. Untuk para pecinta Korea yang tidak memiliki budget besar namun masih ingin mencicipi makanan Korea, biasanya mereka menghadiri Festival ataupun Gathering.


                Jika yang di restoran makanan Korea diracik sebagaimana resep asli dengan koki handal yang menghasilkan rasa yang enak, porsi yang besar dan harga yang lumayan. Dalam sebuah Festival atau gathering biasanya yang memasak merupakan pecinta Korea juga. Soal rasa tidak kalah dengan masakan restoran dan harga makanan yang ditawarkan akan lebih murah karena porsi kecilnya hingga setiap orang bisa mencicipi jenis makanan lainnya.

                Siti Mamnuah (20), atau biasa dipanggil dengan sebutan “Eomma (red: Umma)” yang berarti “Ibu” dalam bahasa Korea. Eomma ini adalah seorang pecinta Korea yang menjadi kordinator stand makanan dalam acara gathering “Han-guk Aein’s 1st Anniversary” di Gedung Korpri, Minggu (18/12/11).
“Susah-susah gampang sih..” jawaban Eomma ketika ditanya sulit atau tidak membuat makanan Korea. Susah yang umma katakan disebabkan oleh sulitnya menemukan bahan-bahan keperluan untuk membuat makanan Korea. Eomma bahkan mengungkapkan kalau dia dan tim sampai harus ke supermarket Korea (super market yang menjual makanan produksi Korea) yang ada di Jakarta untuk mencari bahan-bahan tersebut.
Kalau cara membuatnya sendiri Eomma banyak mendownload video tutorial memasak makanan Korea di Youtube. Menurutnya video tutorial itu cukup membantunya dalam hal cara memasak. Diacara HAC (Han-guk Aein Community) kemarin Eomma dan tim memasaknya membuat tiga macam masakan Kimchi, Jajangmyeon dan Tteokbokki. Untuk Kimchi, eomma dan tim memasaknya beberapa minggu sebelum acara, karena kimchi memang membutuhkan fermentasi, menuurut resep dari Korea, semakin lama kimchi di fermentasi rasanya akan semakin lezat. Untuk jajangmyeon eomma pun menyesuaikan bahan dengan ‘mulut’ Indonesia dengan mengubah daging babi menjadi daging sapi.
Jadi, menurutnya makanan Korea mudah dibuat hanya saja bumbu untuk memasaknya yang sulit didapatkan. Lebih banyak supermarket korea akan mempermudah memasak makanan korea ini. Selain itu, memasak sendiri akan membuat para pecinta Korea lebih aman apalagi yang peduli halal atau tidaknya makanan Korea yang akan mereka makan.(Dedew)




Foto : Han-guk Aein's Doc (by.Dini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar