Rabu, 07 Desember 2011

Hanbok (한복)

“Saya lebih suka Hanbok (한복) kerajaan” seru mahasiswi yang terlihat seperti keturunan korea itu dengan bersemangat, Khotimah(21). Disebut Hanbok (한복) di Korea Selatan atau  Choseon-ot (초선옷) di Korea Utara. Hanbok (한복) merupakan baju Tradisional Korea. Hanbok memang memiliki banyak jenis sejak dinasti goryeo dan joseon.

Inilah gambar hanbok (한복) kerajaan yang dimaksud Khotimah. Bisa kita lihat perbedaan hanbok kerajaan (kiri) dan hanbok biasa (kanan). Jeogori (baju) hanbok (한복) kerajaan lebih panjang daripada hanbok biasa. Hanbok (한복) kerajaan pun memiliki kualitas jauh lebih baik daripada hanbok biasa karena terbuat dari sutra dan memiliki hiasan dari emas.


Hanbok memiliki beberapa elemen dasar, pada saat ini seperti jeogori atau baju, baji (celana untuk laki-laki) dan chima (rok untuk perempuan) serta sokchima (pakaian dalam pada hanbok untuk mengembangkan rok). Jeogori (저고리) yang dipakai wanita dan pria sedikit berbeda bentuknya. Jeogori yang dipakai pria lebih besar dan panjangnya menutupi bagian tubuh atas sampai ke pinggang. Sedangkan Jeogori yang dipakai wanita hanya sampai bawah dada. Garis kerah Jeogori yang berbentuk V itu disebut Dongjeong yang kemudian diikat dengan pita pengikat yang disebut Goreum. Jaman dulu Goreum tidak terlalu banyak detil hiasannya, tapi kalau kamu lihat Hanbok modern di Korea sekarang ini, ada begitu banyak varian warna dan bentuk Goreum yang fashionable.
Hanbok (한복) menjadi pakaian sehari-hari masyarakat Korea di jaman dahulu, namun kini Hanbok (한복) hanya dipakai untuk perayaan Chuseok (thanksgiving Korea), perayaan tahun baru imlek dan pada hari ulang tahun pertama anak. Sambil tersipu malu, Khotimah mengungkapkan bahwa ia ingin sekali menggunakan Hanbok (한복) untuk pengantin.

Hanbok (한복) seperti gambar diatas merupakan hanbok yang digunakan pengantin saat upacara pernikahan adat. Hanbok (한복) tersebut kini hanya digunakan oleh orang-orang yang ingin menikah dengan adat Korea, orang Korea sendiri kini menggunakan pakaian modern dengan pernikahan yang modern namun orang tua kedua mempelai biasanya masih menggunakan hanbok (한복) untuk menghormati tradisi yang ada.


Keunikan dari hanbok (한복) lainnya adalah gambar diatas. Warna chima (rok) dan jeogori (baju) bisa juga dipakai untuk menentukan status apakah seorang wanita Korea sudah menikah atau belum, lho.Wanita yang belum menikah bisa dikenali lewat Chima berwarna merah dan Jeogori berwarna kuning. Sedangkan wanita yang sudah menikah ditandai dengan Chima merah dan Jeogori hijau. Jadi warna Chimanya sama, hanya Jeogorinya saja yang berbeda.(Dedew)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar