Selasa, 22 November 2011

Musik Tradisional Korea

Musik Korea bukan hanya pop, hip-hop ataupun rock yang kini sedang ramai-ramainya menjadi perbincangan. Korea juga memiliki musik tradisional. Pertunjukkan musik tradisional Korea mementingkan improvisasi, berjalan terus-menerus, serta sedikit jeda dalam setiap pertunjukkannya.

Salah satu contoh musik tradisional Korea.
Pansori


      Pansori merupakan jenis musik tradisional Korea. Pansori dibentuk oleh seorang penyanyi (sorikkun) dan seorang penabuh gendang buk (gosu). Pansori berasal dari kata pan yang berarti tempat orang-orang berkumpul dan sori yang berarti musik.
Pansori yang mulai berkembang sejak abad 19 di Korea berisikan cerita-cerita cinta, candaan, serta sindiran. Pansori yang bisa dimainkan sampai berjam-jam (sampai 4 jam) dinamakan Pansori Madang.
Hanya 5 jenis dari 12 jenis pansori saat ini yang merupakan pansori madang. Seperti: Heungbuga, Simcheongga, Chunhyangga, Jeokbyeokga dan Sugungga.
       Penyanyi pansori biasanya memakai kipas untuk menambahkan variasi gerakan dan juga untuk menandakan perubahan lakon yang akan dimainkan. Gosu yang merupakan penabuh gendang juga mengeluarkan suara unik yang disebut chuimsae (추임새).
Pansori dijadikan sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan NonbendawiManusiapada tanggal 7 November 2003 oleh UNESCO
Penyanyi Pansori yang terkenal:
  • Jo Sunmuk
  • No Suhyeon
  • Park Aeri
  • Ahn Sook-Seon
  • Jo Tongdal
  • Park Song-hee
Cr:Wikipedia
Posted by.Dedew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar